Kamis, 14 April 2011

Tugas IMM: Membangun Karakter Bangsa

Tugas IMM: Membangun Karakter Bangsa
Written by Admin    THURSDAY, 24 MARCH 2011 12:27    PDF Print E-mail
Addthis


BANDAR LAMPUNG – Tak ingin menunggu waktu terlalu lama, beberapa minggu setelah Musyawarah Daerah, DPD IMM Propinsi Lampung menyelenggarakan pelantikan periode 2011 – 2013 di Aula Universitas Muhammadiyah Lampung, Senin (3/11) dengan tema “Mewujudkan Integritas Kader yang Mandiri dalam Rangka Membangun Karakter Bangsa”. Integritas yang diusung DPD IMM Propinsi Lampung merupakan langkah yang tepat untuk membangun karakter bangsa. Hal itu diungkapkan oleh Thohir Rohili sebagai Ketua Umum. Globalisasi dan teknelogi telah membuat dunia semakin terbuka akan berbagai informasi dalam waktu yang sangat singkat, karena globalisasi akan memicu perubahan pada tatanan kehidupan sesuai dengan karakteristiknya. Tentunya strategi dan implementasi yang tepat dalam merespon tantangan menjadi sangat penting. Salah satu unsur pembangunan tersebut yakni sumberdaya manusia, disamping Indonesia memiliki sumberdaya alam yang tak terukur.
Saat ini, terjadi krisis karakter dengan melihat bentuk yang sangat jelas. Hal ini bias terlihat dari korupsi yang makin menggeliat, baik terlihat dengan kasat mata maupun sembunyi, perekonomian yang kembang kempis, konflik horizontal, kekerasan atas nama agama, karakter anarki, dsb. Proses pelemahan ini terjadi karena rapuhnya sebagai bangsa yang berkarakter dan tidak mengindahkan nilai-nilai. “IMM memiliki peran penting untuk membangun karakter yang sudah mulai rapuh ini”, ujarnya. Kita perlu SDM unggul untuk menjadi obat penawar bagi bangsa Indonesia.
Ulul Azmi Rizal selaku Bendahara Umum DPP IMM turut menghadiri acara pelantikan. Dalam sambutannya, Ulul – begitu disapanya – mengungkapkan rasa dan semangat kebangsaan merupakan hal yang tidak bias dipisahkan, karena satu sama lain saling berhubungan. Manifestasinya adalah muncul rasa cinta tanah air dan semangat solidaritas yang tinggi. “Memang tak mudah untuk membangun hal itu, namun saat ini pendidikan tersebut benar-benar dibutuhkan dengan menjunjung tinggi nilainilai moralitas”, paparnya dihadapan 8 Pimpinan Cabang dan kurang lebih 150 orang simpatisan.
Ketua PW Muhammadiyah Lampung, Mawardi Alaihi Salam, pihaknya sangat sependapat dengan yang disampaikan oleh pimpinan tertinggi IMM tingkat pusat dan propinsi itu. Menurutnya, kader Muhammadiyah merupakan pelopor utama dalam pembangunan sumberdaua manusia di Indonesia. IMM lahir bukan karena partai dan penguasa, melainkan karena ada semacam kegelisahan dan aksi protes terhadap kondisi negeri yang tidak kunjung sembuh. Sebagai organisasi mahasiswa, IMM berperan dalam pembentukan masyarakat yang kritis terhadap zaman, korektif terhadap penyimpangan yang terjadi di masyarakat, dan sikap konstruktif untuk memperbaiki keadaan sebagai jalan lain dari kemunduran. “Itulah pendidikan sesungguh-sungguhnya, semoga IMM Propinsi Lampung dapat mewujudkannya”, pungkasnya. (anh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar